Minggu, 12 Agustus 2012

Mengenal Beberapa Jenis Sepatu Pria


Fokus artikel saya kali ini adalah tentang jenis-jenis sepatu pria, ada cukup banyak jenis sepatu pria di dunia ini, dengan latar belakang dan histori masing-masing, namun pembahasan kita di artikel kali ini hanya membahas empat jenis sepatu.
OXFORD SHOES

Jenis ini adalah sepatu resmi pria, yang diikat dengan tali sepatu. Tapi sekarang sepatu wanitapun disebut oxford bila mengadaptasi sepatu pria jenis ini dan diikat dengan tali sepatu. Termasuk juga didalamnya sneakers. Sepatu jenis ini biasanya terbuat dari bahan kulit dan bermodel sederhana, dan kadang terdapat lubang-lubang perforasi yang berfungsi sebagai ventilasi. Sepatu jenis ini berawal di Skotlandia dan Irlandia dan disebut Barmoral. Pada awalnya kebanyakan sepatu oxford berwarna hitam atau coklat. Belakangan setelah semakin berkembang, oxford yang terbuat dari bahan suede atau kulit yang berpola membuat sepatu oxford mulai tidak seformal aslinya. Apalagi saat ini pula, sudah terdapat sepatu jenis oxford yang memiliki warna lebih eksotis seperti burgundy atau ungu, dan juga bahan nya pun lebih eksotis seperti kulit buaya atau ular. Memiliki nama lain Brogue.
 


PENNY SHOES
Kalau oxford itu sepatu yang pake tali, belakangan pada tahun 1930-an, muncul sepatu loafer model slip-on sebagai sepatu kasual. Hingga pada tahun 1950-an para pemuda stylish di Amrik mempopulerkan sepatu jenis ini jadi sepatu favorite mahasiswa. Dan sebagai fashion statement, mereka menyelipkan sekeping penny di tepi sepatu, sampai akhirnya sepatu ini dikenal sebagai Penny Shoes, walau sekarang sudah tidak pakai menyelipkan koin lagi namanya tetap bertahan. Sepatu ini belakangan juga menjelma jadi sepatu resmi atau setengah resmi. Karena tidak memakai tali sehingga cenderung lebih mudah dipakai dan praktis, sepatu ini lebih disukai. Di sini orang lebih mengenalnya dengan sebutan pantofel. Memiliki nama lain Bass Weejuns.
 
LOW VAMP
Salah satu jenis loafer yang modelnya dibuat semakin feminin, berbahan kulit lembut dan berpotongan rendah sehingga memperlihatkan lebih banyak bagian kaki.
SPECTATOR SHOES
Masih salah satu jenis sepatu loafer juga (tapi terkadang, ada juga oxford yang terdiri dari 2 warna dan disebut spectator shoes). Memiliki 2 warna populer pada tahun 1920-an. Sepatu jenis ini populer dikalangan pria-pria dandy.. Di Inggris, sepatu jenis ini disebut ‘correspondent’ shoes 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar